TELEKOMUNIKASI

    Pengertian Telekomunikasi
Telekomunikasi atau teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Dengan teknologi inilah seseorang dapat mengirimkanatau menerima informasi ke pihak lain yang letaknya berjauhan.
Selain telekomunikasi terdapat juga istilah sejenis yaitu komunikasi data. Komunikasi data hanyalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusu berkenaan dengan data/informasi dalam bentuk digital dari suatu piranta ke piranti lain.
Berbagai alat telekomunikasi pun telah dikembangkan pada masa kini seperti mesin ATM untuk transaksi uang, telekoferensi, telecommuniting, komuputasi grup kerja dan lain-lain.Berikut penjelasannya.
    ATM
ATM telah menjadi mesin yang umum dijumpai di Indonesia.Banyak bank yang telah menggunakan ATM sebagai sarana untuk memudahkan para nasabah mengambil uang.Dengan menggunakan mesin ATM, pengambilan uang dapat dilakukan kapan saja.
    Telekonferensi
Telekonferensi atau yang dikenal dengan sebutan video konferensi, adalah suatu sarana yang memungkinkan sejumlah orang saling bercakap-cakap dan bertatap muka melalui computer.Dengan memanfaatkan computer teknologi internet, videokonferensi mudah sekali untuk diimplementasikan. Masing-masing pihak yang hendak berkomunikasi cukup duduk mengahadap computer yang telah dilengkapi dengan kamera yang dinamakan webcame
    Komputasi Grup Kerja
Komputasi grup kerja (workgroup computing), atau juga dinamakan komputasi kolaburatif, adalah grup pekerja yang memakai computer yang terhubung dalam jaringan untuk berdiskusi dan menyelesaikan suatu masalah. Teknologi seperti ini mudah direlisasikan dengan bantuan perangkat lunak yang dinamakan groupware (misalnya notes dan MS NetMeeting).
    Telecommuting
Telecommuting berarti bekerja yang dilakukan tidak dalam kantor. Seseorang dapat bekerja di rumah atau bahkan di dalam mobil yang terus berpindah. Model kerja seperti ini mulai umum dilakukan, terutama pada jenis pekrjaan yang memang tidak mungkin dilakukan di kantor (misalnya wartawan yang sedasng memburu berita) atau pada jenis pekerjaan yang tidak memerlukan orang untuk dating ke kantor (misalnya pemrograman, yang membuat progam computer).
    EDI
EDI (Electronic Data Interchange) merupakan suatu system yang memungkinkan data bisnis seperti dokumen pesanan pembelian dari suatu perusahaan yang telah memiliki system informasi dikirimkan ke perusahaan lain yang juga telah memiliki system informasi.
    Mengenal Jenis Isyarat
Dasar system telekomunikasi adalah isyarat. Isyarat yang mengalir dari satu tempat ke tempat lain dapat berbentuk analog atau digital
    Isyarat Analog
Isyarat analog biasa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berpa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.Isyarat seperti ini biasa dijumpai pada listrik yang berasal dari PLN dan berbentuk gelombang sinus.Dalam system telekomunikasi, isyarat yang mengalir pada jaringan telepon umumnya juga berupa isyarat analog.
Isyarat analog mempunyai ciri yaitu memiliki amplitude dan frekuensi.Jika dikaitkan dengan suara, ketinggian gelombang ditentukan oleh amplitude, yang menentukan keras tidaknya suara, sedangkan frekuensi menentukan jumlah siklus gelombang dalam satu detik, yang berimplikasi pada kenyaringan suara (melengking atau tidak).Pada isyarat analog, nilai amplitude setiap saat berubah-ubah.
    Isyarat Digital
Isyarat digital bisa disebut juga diskret.Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit, yaitu dalam berupa keadaan 0 dan keadaan I.
Keadaan I dapat diperoleh dengan misalnya diwakili oleh tegangan 5volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt.
    Pertukaran Isyarat Analog dan Digital
Dalam prakteknya, komunikasi antarkomputer kadang mengalami perubahan dan isyarat analog ke digital dan sebaliknya. Sebagai contoh, komunikasi dua buah computer yang melibatkan jaringan telepon, melakukan perubahan isyarat seperti berikut, mengirimkan isyarat digital dan kemudian leh piranti modem akan diubah menjadi isyarat analog. Isyarat analog inilah yang mengalir pada jaringan telepon.Selanjutnya, isyarat analog diubah oleh modem menjadi isyarat digital pada bagian penerima.
Modem (berasal dari kata modulator/demodulator) adalah piranti yang biasa digunakan kalu dua buah computer ingin berkomunikasi jarak jauh. Dalam hal ini modem mengubah isyarat digital menjadi isyarat analog pada sisi pengirim dan mengubah isyarta analog menjadi isyarat digitak pada sisi penerima.
    Laju Data
Kecepatan data dalam system komunikasi data biasanya dinyatakan dengan istilah berikut
    Laju bit (bit rate) dan
    Laju baud
Laju bit atau laju data yaitu menyatakan jumlah bit per detik, sedangkan laju baud yaitu menyatakan kecepatan isyarat baik analog mupun digital yang melalui kanal atau jumlah elemen isyarat per detik. Sebuah kanal memiliki buad b tidak selalu mentransmisikan b bit per detik, karena masing-masing isyarat bisa saja membawa beberapa bit. Apabila setiap nilai amplitude menyatakan senuah bit, maka baud sama dngan laju bit. Namun bila terdapat empat macam tegangan yang digunakan untuk mereperesentasikan nilan binner 00 01, 10, dan 11 yang disebut dibits, laju bit sebesar dua kali laju baud. Jika terdapat delaman macam tegangan, isyarat dapat digunakan untuk membawa tiga buah bit. Pada keadaan seperti ini, laju bit adalah sebesar tiga kali laju baud. Sebagai contoh, sebuah modem dapat dimodulasi sederet bit digital dan mengalir 2400 bit per detik dengan menggunakan isyarat berlaju sebesar 600 baud.
    Spectrum Frekuensi dan Lebar-Jalur
Spektrum frekuensi suatu isyarat menyatakan jangkauan frekuensi yang dikandung oleh isyarat. Sebagai contoh, terdapat suatu isyaratdengan persamaan :
sin(2πf1)  + 1/3 sin((2π(3f1)t)
Spektrum frekuensi isyarat ini meliputi f  hingga 3 f
Berkaitan dengan spectrum frekuensi.Terdapat istilah lebar-jalur (bandwidth).Lebar-jalur suatui syarat menyatakan lebar spectrumbrekuensi. Dengan demikian lebar-jalur untuk isyarat sin(2f,t) adalahsebesar 2f,. istilah lebar-jalur digunakan pada isyarat analog dan digital.
    Lebar-jalur dapat dibayangkan sebagai lebar jalan. Bila jalan semakin lebar, jalan dapat menampung kendaraan ddengan volume yang lebih banyak.
    Lebar-jalur untuk isyarat analog dinyatakan dengan suatuan Hz sedangkan lebar-jalur isyarat digital dinyatakan dengan bps .
Pada isyarat digital, idealnya isyrat berupa pulsa berbentuk kotak.Isyarat dengan bentuk seperti ini memerlukan lebar-jalur yang tak terhingga.Pada prakteknya, lebar-jalur yang digunakan pada transmisi digital sangat terbatas.Tentu saja lebar-jalur yang digunakan berpengaruh terhadap kualitas isyarat digital.
Lebar-jalur berperan dalam hal mempengaruhi laju data. Namun, dalam hal yang perlu diketahui adalah bahwa dalam prakteknya penggunaan lebar-jalur yang besar akan meningkatkan biaya. Itulah sebabnya, dengan alasan masalah ekonomis dan praktis, informasi digital dideteksi dengan isyarat yang berlebar-jauh terbatas. Namus, disisi lain, pembatasan lebar-jalur membawa  dampak terciptanya distrosi. Distrosi ini membuat tugas untuk menterjemahkan isyrat yang diterima menjadi sulit dan sebagai akibatnya data menjadi lambat diterima.
Aturan yang berlaku, semakin terbatas lebar-jalur berarti bahwa distorsi semakin meningkat dan akibatnya potensi kesalahan pada sisi penerima menjadi semakin besar.
    Transmisi Serial dan Paralel
    Transmisi Serial
Pada transmisi serial, pada setiap waktu hanya 1 bit yang dikirimkan. Dengan kata lain, bit-bit dikirimkan secara bergantian, satu per satu. Model transmisi seperti ini dijumpai pada hubungan anatara computer modern pada hubungan anatara computer dan printer serial.
    Transmisi Pararel
Pada transmisi pararel, sejumlah bit dikirim per waktu. Masing-masing bit mempunyai jalur tersendiri karena sifatnya yang demikian, data yang mengalir pada transmisi pararel jauh lebih cepat daripada transmisi.
    Konfigurasi Jalur Komunikasi
Konfigurasi jalur komunikasi, yang menentukan cara menghubungkan peranti-peranti yang hendak berkomunikasi, dapat dibedakan menjadi: titik-ke-titik atau multititik.
    Titik-ketitik (point-to-point) menghubungkan secara khususu dua buah peranti yang hendak berkomunikasi. Model seperti ini dapat diterapkan pada dua buah computer yang berkomunikasi memalui kabel parallel; misalnya untuk penyalinan berkas antara kedua computer tersebut. Contoh yang lain yaitu pada komunikasi computer dengan printer melalui port parallel ataupun serial.
    Multititik (multipoint) menyatakan hubunganyang memungkinkan sebuah jalur dapat digunakan oleh sejumlah peranti yang berkomuniklasi. Model seperti ini antara lain ditemukan pada jaringan yang menggunakan topologi bus.
    Arah Transmisi
    Simplex menyatakan arah transmisi yang hanya memungkinkan isyarat mengalir satu arah. Contoh yang umum tentang hal ini yaitu sisra televise yang memancarkan isyarat dari stasiun televise ke antenna TV. Pada keadaan ini, tidak ada isyarat balik, yang berasal dari TV ke stasiun TV. Hubungan pembaca barcode dengan computer merupakan contoh lain yang menggunakan transmisi simplex.
    Half-duplex menyatakan hubungan dua arah yang hanya dapat dilakukan secara bergantian. Arah transmisi seperti ini dapat dianalogikan denga sebuah jalan darurat yang bisa dilalui kendaraan dari dua arah tetapi tidak secara bersamaan. Contoh komunikasi yang menggunakan model seperti ini terdapat pada Walkie-Talkie atau CB. Fungsi pengiriman dan fungsi pernerima harus dilakukan secara bergantian.
    Full-duplex menyatakan hubungan dua arah yang dapat dilakukan secara bersamaan. Model seperti ini dapat dianalogikan dengan jalan dua arah. Telepon contoh yang menggunakan arah transmisi seperti ini.
    Mode Transmisi
    Transmisi asinkron (asynchronous transmission) mengirimkan data per karakter. Setiap karakter ditandai dengan bit pemulai (start bit), bit perakhir (stop bit), serta bit pemeriksa. Oleh karena itu, transmisi asinkron juga dinamakan transmisi start-stop. Bit pemulai digunakan untuk memberi tau bahwa pengirim akan mengirimkan sebuah karakter dan bit pengakhir menyatakan tanda bahwa sebuah karakter telah dikirim. Cara seperti ini lazim digunakan pada mikrokomputer.
    Transmisi sinkron (synchronous transmission) mengirimkan data per blok (sejumlah karakter). Pada bagian awal terdapat field SYN (synchrozation) yang berupa sebuah karakter untuk melakukan sinkronasi. Berikutnya, terdapat flied STX (start-of-text) yang berupa karakter untuk menyatakan bahwa karakter selanjutnya adalah data. Di akhir data, terdapat ETX (end-of-text) yang berupa sebuah karakter untuk menyatakan akhir teks. Lalu BBC (block-check-character) digunakan untuk melakukan pemeriksaan kesalahan.
    Pensaklaran Rangkaian dan Pensaklaran Paket (switching)
    Teknik ini digunakan pada jaringan telepon. Hubungan komunikasi anatara dua orang tidak dibentuk secara permanen, melainkan dibentuk melalui pusanpensaklaran (switching center) atau yang biasa disebut sentral telepon otomat, yang mengubungkan satu simpul dengan simpul lainnya hanya pada sat ada permintaan hubungan. Rangkaian yang trbentuk ini tersedia selama hubungan masih berlangsung dan akan terputus jika salah satu pihak menghentikan hubungan.
Keuntungan pensaklaran rangkaian adalah dapt menghilangkan kebutuhan alamat simpul pengirim dan simpul penerima setelah hubunga terbentuk.
    Pensaklaran Paket (Packet Switching)
Teknik ini mengirimkan data ke media transmisi dalam bentuk kumpulan paket.Setiap  paket dikirimkan secara terpisah dan dapat melalui sejumlah simpul. Dakan hai ini setiap simpul dapat menyimpan paket dan kemudian meneruskan paket tersebut ke simpul lainnya.Dibagian penerima, paket-paket yang diterima dirakit sehingga diperoleh data seperti keadaan asal pada pengirim.Sandar untuk pensaklaran paket yaitu X.25, yang ditetapkan oleh CCITT.
    Pensaklaran Paket Cepat (fast Packet Switching)
Dua teknologi terbaru dari pensaklaran paket yanti frame relay dan cell relay. Kedua teknologi ini merupakan pengembangan dari pensaklaran paket tradisional dan disebut sebagai pensaklaran paket cepat karena mendukung kecepatan yang lebih tinggi daripada pensaklaran paket tradisional.
    Frame Relay, jika X.25 mendukung sebuah paket dengan ukuran sampai 4.098 byte, frame relay mendukung hingga 9.000 byte dan dengan sedikit pemeriksaan kesalahan. Frame Relay mendukung kecepatan hingga 2.048 Mbps.
    Cell Relay, atau lebih dikenal dengan istilah (asynchronous transfer mode). Teknik ATM dirancang untuk menangani pengiriman paket dengan kecepatan di atas 1,544 Mbps. ATM menggunakan paket berukuran kecil (53 byte) dan disebut sel. ATM  digunkan sebagai teknologi untuk B-ISDN (broadband integrated service digital network).
    Multipexing
adalah proses untuk mengirimkan sejumlah isyarat melalui suatu media transmisi   
    FDM (Frequency-division multiplexing) diterapkan pada media komunikasi yang broadband (jalur-lebar), yaitu media komunikasi yang memungkinkan sejumlah saluran dibentuk. Melalui teknik ini, dat, video, dan suara dapat dilewatkan ke media transmisi secara serentak.
    TDM (Time-division multiplexing) bisa digunakan pada media transmisi yang memiliki sifat baseband (jalur-sempit), yaitu media transmisi yang hanya memiliki satu jalur. Pada transmisi seperti ini, setiap peranti yang berkomunikasi mendapat slotwaktu yang digunakan unatuk mangirim data. Sebagaimana terlihat pada Gambar 10.24, data masing-masing computer mengalir pada media transmisi secara bergantian.
Dalam prakteknya, TDM dan FDM juga dapat dikombinaksikan pada media transmisi broadband.
Peranti yang digunakan untuk multiplexing dapat berupa: front-end processor, multiplexer, dan concentrator.
    Front-end processor berupa suatu computer yang ditunjukan secara khusus yntuk pengolahan komunikasi dan dipasangkan ke  computer utama (host) pada system mainframe.
    Multiplexer adsalah peranti yang memungkinkan sebuah media transmisi dapat dipakai untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak.
    Concentrator adalah computer yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan pesan-pesan secara sementara yang berasal dari sejumlah terminal sampai pesan-pesan tersebut siap untuk dikirimkan secara serentak ke host.
    Media Transmisi
Media transmisi atau media komunikasi yang dapat digunakan sebagai channel (jalur) transmisi atau carrier dari data yang dikirimkan yang dapat berupa kabel ataupun radiasi elektromagnetik.

    Media berkabel
Menyatakan media transmisi yang menghubungkan pengirim dan penerima secara fisik berupa kabel. Yang termasuk media kategori ini:
    Kabel pasangan terpilin (twisted pair)
Kabel ini biasa disebut kabel tetepon, karena kabel ini biasa di pakai sebagai pnghubung pesawat telepon dengan jalur telepon. Setiap dua kabel disebut sepasang saling dipilin dengfan tujuan untuk mengurangi interferensi elektromagnetik terhadap kabel lain atau terhadap sumber eksternal.
Interferensi listrik yang diakibatkan oleh isyarat pada sebuah kabel terhadap isyarat pada kabel lain biasa disebut cakap silang (crosstalk)

Macam kabel pasangan terpilin
    UTP (unshielded twisted pair)
Saat ini UTP biasa digunakan pada LAN (Lokal Area Network) dengan kecepatan 10 dan 100 Mbps. Adapun kategori UTP menurut EIA (The Elektronics Industries Association) sendiri ada 5 macam, sebagaimana.
    STP (shielded twisted pair)
    Kabel koaksial (coaxial cable atau coax)

Meruapakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lembek. Kabel ini mempunyai tingkat trasmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, tetapi lebih mahal.Kable koksial digunakan untuk koneksi jaringa local (LAN) koneksi TV kabel dan antenna TV. Kecepatan data sekitar anatar 100 Mbps sampai 2,4 Gbps. Jenisnya :
    RG-8 digunakan untuk Thick Ethernet.
    RG-9 digunakan untuk Thick Ethernet
    RG-11, dibunakan untuk Thick Ethernet
    RG-58 digunakan untuk Thin Ethernet
    RG-59 digunakan untuk televisi
    Kabel Serat Optik / Fiber Optic Cable
Kabel ini dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia, kabel ini membawa isyarat data dalam bentuk berkas cahaya.Kabel ini biasa digunakan pada LAN berkecepatan gigabit per detik atau hingga 10 kali lebih besar dari coaxial cable.Cahaya yang dapat mengalir dengan kecepatan 300.000 km/detik dalam ruang hampa udara.Kecepatan cahaya dalam media transmisi tergantung pada kepadatan media.Semakin padat, semakin lambat. System transmisi optic memiliki tiga komponen:
    Sumber cahaya
    Media transmisi, dan
    Detector cahaya
Sumber cahaya dapat berupa LED (Light Emiting Diode) atau pun laser (ILD/Injectid Laser Diode).
Keuntungan serat optik adalah lebih murah, bentuknya lebih ramping, kapasitas transmisi yang lebih besar, sedikit sinyal yang hilang, data diubah menjadi sinyal cahaya sehingga lebih cepat, tenaga yang dibutuhkan sedikit, dan tidak mudah terbakar.
Kelemahan serat optik antara lain biaya yang mahal untuk peralatannya, memerlukan konversi data listrik ke cahaya dan sebaliknya yang rumit, memerlukan peralatan khusus dalam prosedur pemakaian dan pemasangannya, serta untuk perbaikan yang kompleks membutuhkan tenaga yang ahli di bidang ini.
    Media Tak Berkabel
Media tak berkabel adalah mdia transmisi yang tidak menggunakan kabel. Termasuk dalam media ini adalah:
    Mikrogelombang (microwave)
Microwave merupakan gelombang radio dengan frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun lain. Sifat pemancar dan microwave adalah line-of-sight, yaitu tidak boleh terhalang. Karena adanya gedung-gedung yang tinggi, bukit atau gunung. Gelombang dengan frekuensi diatas 100Mhz akan menjalar dengan arah lurus. Jarak transmisi biasanya terbatas pada 20-30 km karena factor lengkungan bumi.Jika lebih dari jarak tersebut harus menggunakan penambahan repeater.Transmisi mikrogelombang dapat menyediakan transmisi berganda dengan kecepatan hingga 50 Mbps.
Media transmisi  dengan mikrogelombang seperti di atas sering disebut terrestrial microwave.
Microwave banyak dipakai di liingkungan MAN (Metropolitan Area Network) dan pada warnet yakni untuk menghubungkan warnet dengan ISP.
    Satelit
Satelit adalah media transmisi yang fungsi utamanya menerima sinyal dari stasiun bumi dan meneruskannya ke stasiun bumi lain. Satelit yang mengorbit pada ketinggian 36.000 km di atas bumi memiliki angular orbital velocity yang sama dengan orbital velocity bumi. Hal ini menyebabkan posisi satelit akan relatif stasioner terhadap bumi (geostationary), apabila satelit tersebut mengorbit di atas khatulistiwa. Pada prinsipnya, dengan menempatkan tiga buah satelit geostationary pada posisi yang tepat dapat menjangkau seluruh permukaan bumi.
Salah satu aplikasi yang menggunakan satelit adalah GPS (Global Possitionning System). GPS adalah kumpulan dari 24 satelit yang mengitari bumi dan secara terus menerus mengirimkan isyarat yang memungkin pemakai dapat menentukan posisi tempat ia sedang berada. Alat ini mengambil isyarat dari empat buah satelit untuk menentukan posisi pemakai dngan keakuaratan antara 3 samapai dengan 60 kaki.


Jenis    Keterangan
GEO (Geostationary Eart Orbit)    22.300 mil tepat di atas garis katulistiwa
MEO (Medium Eart Orbit)    6.000 mil dari garis katulistiwa
LEO (Low Eart Orbit)    400-1000 mil di atas permukaan bumi
HEO ( Highly Elliptical Orbit)    Jenis orbit ini dikembangkan oleh Rusia
Keuntungan satelit adalah lebih murah dibandingkan dengan menggelar kabel antar benua, dapat menjangkau permukaan bumi yang luas, termasuk daerah terpencil dengan populasi rendah, meningkatnya trafik telekomunikasi antar benua membuat sistem satelit cukup menarik secara komersial.
Kekurangannya satelit adalah keterbatasan teknologi untuk penggunaan antena satelit dengan ukuran yang besar, biaya investasi dan asuransi satelit yang masih mahal, atmospheric losses yang besar untuk frekuensi di atas 30 GHz membatasi penggunaan frequency carrier.
Adalah jenis dari microwave yang menggunakan satellite untuk mengirimkan sinyal ke transmitter atau parabola. Satellite microwave mengirimkan sinyal secara menyeluruh ke setiap transmitter.
    Gelombang Radio
Transmisi ini digunakan untuk dapat mengirimkan suara atauapun data melalui udara. Frekuensi yang digunakan berkisar anatara 3KHz samapai dengan 300 GHz. Contoh yang menggunakan transmisi gelombang radio adlah system pager dan telepon seluler
    Transmisi Inframerah
Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.
    Jaringan Komputer (Computer Network)
Jaringan computer adalah system komunikasi data yang melibatkan senuah atau lebih system computer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membenttuk satu system. Manfaat dari jaringan computer ini adalah
    Dapat berbagi perangkat keras
    Dapat berbagi progam atau data
    Mendukung kecepatan berkomunikasi
    Memudahkan pengaksesan informasi.



    Klasifikasi Jaringan Komputer
    Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan computer yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan.LAN umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel UTP, kabel koaksial, ataupun serat optik. Namun ada juga yang tidak menggunakan kabel yang disebut sebagai wireless (WLAN). Kecepatan LAN berkisar 10 Mbps sampai 1 Gbps. Menurut tipenya, LAN dapat berupa :
    Client.Server adalah suatu model jaringan yang dimiliki client dan server. Clien adalah computer yang meminta layanan sedangkan server adalah computer yang bertindak melayani client.
    Peer to Peer menyatakan model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua computer. Tak ada yang bertindak sebaga server ataupun client secara eksplisit. Dalam hal ini dua computer dapat berhubungan secara langsung tanpa server.
    Metropolitan Area Network
    MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota dengan rentang sekitar 10 km-45 km. Jaringan menghubungkan beberapa bank yang terletak dalaam satu kota atau kampus yang tersebar dalam beberapa lokasi tergolong termasuk sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau gelombang radio. Namun., ada juga yang menggunakan jalur sewa  (Leased line).

    Wide Area Network
    Jaaringan yang mencakup antar kota, antarprovinsi, antarnegara, dn bahkan antar benua disebut dengan WAN. Conto WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM (Anjungan T unai Mandiri), conto lain adalah internet.
    Topologi Jaringan
    Topologi jaringan menyatakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan. Berbagai kemungkinan topologi , bintang, cincin, bus, pohon, lengkap, dan tak berarturan.
    Topologi  bintang
    Pada topologi ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat pengontro. Semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalui pusatpengontrol tersebut. Dalam hal ini, pusat pengontrol berupa HUB atau switch.
    Kelebihan tpologi bintang
    Mudah dikelola dan dihubungkan
    Kegagalan satu komputer tidak berpengaruh pada komputer lain.
    Kelemahan Topologi Bintang
    Kegagalan pada pusat pengontrol akan berpengaruh kepada seluruh jaringan
    Jika pengontrol berupa HUB bukan switch akan berpengaruh pada kecepatan.
    Topologi cincin (ring)
    Topologi cincin mirip dengan topologi bus. Informasi dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan ke media transmisi, melewati satu komputer ke kompter berikutnya. Kelemahan dari topologi cincin yaitu jika satu simpul terputus maka semuanya akan terputus.
    Topologi bus
    Pada topologi ini semua simpul dihbungkan melalui kabel yang disebut bus.kabel yang digunakan adalah kabel koaksial. Jika sesorang pemakai mengirimkan pesan ke seorang pemakai lain maka pemakai tesebut  akan melalui bus. Setiap komputer perlu membaca alamat dalam pesan. Setiap komputer pasti akan membaca pesan tersebut, tetapi apabila cocok dengan alamatnya maka komputer tersebut akan memunculkan pesan nya.
1. kelemahan topologi bus
     - jika kabel utama putus maka semua komputer tidak akan saling terhubung
     -  jika kabel utama panjang, apabila terjadi masalah akan sangat sulit dicari.
   - jika komputer banyak yang aktif maka pesan akan  sering terjadi tabrakan dan kecepatan         pengiriman data berkurang.
2. kelebihan topologi bus
     - instalasi mudah.
     - biaya murah.
    Topologi pohon
    Topologi ohon merupakan pengembangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul di jadikan pengontrol simpul yang berada dibawahnya.
    Topologi ini biasa digunakan pada LAN mengingat kemudahan untuk melakukan ekspansi dan mengurangi keruwetan kabel.
    Protokol Komunikasi
Protool kounikasi atau bisa disebut protokol saja adalah suatu tatacra yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data (pesa) antara dua buah sistem dalam jaringan. Dalam hal ini kedua sistem berbeda sama sekali. Protokol ini mengurusi perbedaan format data pad sistem hingga pada koneksi listrik. Standar protokol yang terkenal yaitu OSI (open System Interconnecting).

    Interkoneksi Antarajaringan
    Interkoneksi antar jaringan adalah menyatakan hubungan antara dua buah jaringan atau lebih. Untuk terkoneksi anatar jaringan harus ditambahan piranti khusus.

    Repeater
Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memulihkan isyarat yang agak caca. Biasa digunakan pada jaringan topologi bus atau cincin untuk memperpanjang jangkauan jaringan.
    Bridge
Bridge diperlukan untuk menghubungkan dua buah LAN yang bertopologi berbeda(misalnya bus dan cincin). Kelebihan piranti ini adalah menjadikan lalu lintas lokal masing-masingjaringan tidak saling berpengaruh. Berbeda dengan repeater, bridge dapatmemisahkanantarjaringan sekiranya memang tidak ada permintaan perhubungan dari jaringan satu ke jaringan lain.
    Router
        Router merupakan peranti yang memungkin anda untuk
    menghubungkan sejumlah LAN yang memiliki topologi dan protool yang berbeda.
    menghubungkan jaringan pada suatu lokasi dengan jaringa pada lokasi lainnya.
    membagi suatu jaringan berukuran besar menjadi jaringan kecil dan mudah dikelola.
    memungkin sebuah perusahaan dihubungkan ke internet dan semua orang dapat   mengaksesnya.
     mencari jalan terefisien untuk mengirimkan data sampai tujuan.
    meelindungi jaringanan anda dari pemakai-pemakai yang tak berhak dengan cara membatasi     akses terhadap data anda.
    Gateway
Peranti berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol sama sekali berbeda. Contoh penggunaan gateway adalah untuk menghubungkan jaringan SNA (IBM) dan jaringan yang menggunakan sistem operasi jaringan NetWare (Novel)).
    Brouter
    Brouter adalah piranti yang dapat bertindak sebagai router maupun bridge .

1 comments:

Rezki 19201008 said...

terima kasih ka untuk pengetahuannya.. dan mau tanya ka ini diposting kapan?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment